15/01/2019

Syiar Vs Riya'

CEMILAN HIKMAH 22

      Syiar Vs Riya'

Terjadi kecelakaan hebat di terowongan kereta api. Semuanya panik. Mereka berteriak:“Kita tidak bisa keluar, kita terjebak, kita akan mati, dll.”

Tiba-tiba ada Pak Tua menjawab, “Tenang! kita semua pasti akan keluar. saya jamin.”

Suasana tenang.

Seorang bertanya, “Bagaimana caranya keluar? Semua jalan keluar tertutup oleh gerbong yang terbakar.”

Pak Tua menjawab; “Kita pasti keluar di surat kabar besok….

He he tu candanya. Ok kita akan bicara ttg kabar-mengkabar terkhusus mengkabarkan kpd org lain tentang kebaikan/amal

Bayangkan bila orang selalu takut riya' ketika mengabarkan kebaikan/kegiatan kebaikan. Padahal kita tahu TV, sosmed dan media-media diindonesia ini terus mengabarkan hal-hal negativ, buka aurat, artis zina fotonya disebar dan diumbar.

Maka jelaslah yg negatif, makin kreatif menyebar, dominan. Penggemarnya meluas. Genarasinya makin meniru.

Lalu foto orang kajian, vidio org baca Quran, dan kegiatan2 keislaman pada kemana? Knpa gak bisa diakses? Ternya lg pada takut riya'! Alhasil kebaikan kalah menyebar dibanding keburukan. Generasinya gak menemukan kecuali suguhan keburukan. Mau begitu?

Sering orang gak berani menceritakan amal kebaikannya. Khawatir jadi riya'. Padahal boleh jadi ketika itu diceritakan justru jadi syi'ar. Alias amal kebiakannya malah berganda. Makin luas dishare, makin meluas kebaikaanya. Generasi makin terinspirasi.

Lalu apa bedanya syi'ar dan riya'?

Syiar adalah upaya  menyampaikan, menterkenalkan berbagai amalan/kegiatan keislaman dg tujuan agar diteladani, diikuti bahkan bisa jadi lantaran seseorang dpt hidayah Alloh. Semua ini dlm kerangka mencari balasan dari Alloh (pahala/ridhoNya).

Riya' pun sama, bedanya ada di tujuan/niatnya. Riya' sangat sempit, tujuaanya sekedar diapresiasi manusia.

Lha karena ini soal niat maka bukan wilayah kita menganalisa niat hati seseorang. Sebab urusan hati adalah wilayah diri seseorang dan tuhannya.

So: Sebarlah tulisan, foto, vidio kebaikan sambil menata niat. Minimal ngimbangi foto, vidio yg gak seronoh diindonesia ini.

Dan terhadap orang lain, khusnudzon dan doakan aja semoga niat mereka me-share amal kebaikan adalah syi'ar bukan riya'.

Satu lagi, sebelum share, posting gambar, materi atau kabar pastikan dulu kebenaranya. Tabayun dulu. Jangan sampe menyebar hoak. Kenapa? Sebab orang yang nyebar hoak, akan masuk surga.

Surganya HOAK juga ha ha ha.

Sekian, salam aqur dari saya @kangriyadh

Leave a Reply

+62815-7745-665
Jl. Ngelosari, Sadeng, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram