07/12/2018

Bekal Pulang 5 - Kalau Sayang Harta, Bawa Mati Saja

Kurang lebih ceritanya demikian:

Ada seorang kaya, yang anak-anaknya dah pada mentas, ia berkata:

"Jujur ust walau sudah tua, saya ini masih suka dengan harta. Ada harta yg sudah saya jatahkan ke anak-anak. Alias anak-anak bereslah. Tapi ada juga harta yang sampai hari ini masih sayang untuk saya pegang kan ke siapapun, saya elus-elus aja" sambil senyum beliau melanjutkan:

"Aneh si memang, saya sudah tua tapi masih hobi rakit-rakit kendaraan, memperindah rumah, ngumpul-ngumpulin duit dan sebagainya. Padahal saya tahu umur saya udah tua, bentar lagi kontraknya juga habis he he he saya sayang banget sama harta saya. Tapi masak iya itu semua ku bawa mati. Gimana ni ust?"

Saya menjawab dengan meledek:

"Ya wajar manusia suka harta. Dan kalo memang sayang harta, dibawa mati aja gak papa"

Beliau kaget:

"Yg benar aja ust, apa bisa harta dibawa mati???"

Kemudian saya membaca sabda Nabi ini:

ﻳَﻘُﻮﻝُ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ﻣَﺎﻟِﻰ ﻣَﺎﻟِﻰ ﺇِﻧَّﻤَﺎ ﻟَﻪُ ﻣِﻦْ ﻣَﺎﻟِﻪِ ﺛَﻼَﺙٌ ﻣَﺎ ﺃَﻛَﻞَ ﻓَﺄَﻓْﻨَﻰ ﺃَﻭْ ﻟَﺒِﺲَ ﻓَﺄَﺑْﻠَﻰ ﺃَﻭْ ﺃَﻋْﻄَﻰ ﻓَﺎﻗْﺘَﻨَﻰ

“Seorang hamba berkata: “Harta...hartaku.....” Bukankah harta itu hanya ada tiga: yang ia makan akan sirna, yang ia kenakan dan akan usang, dan yang ia sedekahkan adalah yang sebenarnya harta yang akan dibawa abadi” (HR. Muslim no. 2959)

"Oooh bisa ya??"

"Bisa banget, titipkan aja ke masjid, pesantren dan sebagainya. Bilang ke pengurusnya: ini saya titip ya besok saya ambil lagi diakhirat ya hehe he".

"Gitu ya mestinya kalo sayang sama harta"

Sambung beliau, tertawa kecil sambil berfikir, sepertinya merencanakan sesuatu.

Wa Allahu 'Alam Bi Showab. Semoga manfaat

 

===================

Trimakasih telah beramal untuk Pembebasan & perluasan Tanah Pesantren DOAQU, --1jt / 1m²-- Baik yg diatas namakan sendiri maupun orangtua. Semoga Alloh memberkahi

Bank BNI Syariah

6.0000.80867

a.n. Yayasan Doa Ahlul Quran

CP DOAQU & AMBULAN GRATIS:

0815 7745 665 / 024 7541 2005

CP Umroh Private & Family:

+6281904347000

Leave a Reply

+62815-7745-665
Jl. Ngelosari, Sadeng, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram